Rabu, 18 Juni 2008

Cepatlah beli striker, Milan !!

Sebagai seorang Milanisti, saya sangat kecewa dengan transfer pemain yang dilakukan AC Milan, beberapa tahun terakhir ini.. Setelah ditinggalkan Andry Shevchenko, praktis AC Milan tidak lagi punya striker yang hebat. Alberto Gilardino yang digadang-gadang sebagai pengganti, ternyata kalah bersaing dengan Filipo Inzhagi, kedatangan Ronaldo pun dianggap sia-sia dan terlambat. Alexander Pato yang digambar-gemborkan, belum siap menjawab kebutuhan Milan, apalagi Pato baru efektif bermain di paruh kedua kompetisi dan Milan sudah dalam masalah yang berat. Kesialan makin bertambah ketika Ronaldo cedera parah dan harus absen smpai kontraknya berakhir, dalam 1,5 tahun di Milan, Ronaldo total bermain tak lebih dari 20 kali, suatu yang sia-sia dan menghabiskan uang. Saya termasuk yang kurang setuju dengan transfer Ronaldo.

Sekarang Milan membuat rencana membeli salah satu striker terbaik di antara Didier Drogba, Samuel Etoo, dan Emmanuel Adebayor belum lagi Ronaldinho yang selalu diberitakan akan dibeli. Kenyataannya sampai sekarang tidak ada realisasinya alias omong kosong.. Kalau memang ada masalah finansial,  kenapa tidak mencari striker alternatif yang punya pengalaman di liga Eropa, lihatlah bagaimana kiprah Roque Santa Cruz di liga Inggris bersama Blacburn Rovers. Striker Paraguay itu dibeli hanya 3 juta Poundsterling, tetapi sekarang harganya 5 kali lipatnya.  Pembelian ini dianggap sebagai transfer terbaik Liga Inggris mengalahkan transfer Fernando Torres, walaupun Torres mencetak gol lebih banyak. 

Sejauh ini Milan baru mendapatkan empat pemain baru, yaitu Marco Borrielo, Luca Antonini (dua-duanya tadinya kepemilikan bersama dengan klub lain), lalu Matieu Flamini dibeli dari Arsenal secara gratis, dan Gianluca Zambrotta  dari Barcelona dengan harga sekitar 8 juta Euro yang cukup mahal untuk pemain yang berumur 31 tahun. Dengan kepergian Alberto Gilardino, Marcos Cafu, Serginho, dan Yoann Gourcuff, Milan masih membutuhkan beberapa pemain lagi untuk mengisi pos yang ditinggalkan. Untuk itu saya memiliki beberapa nama pemain yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli dan harga tidak menguras kantung, yaitu:

1.  Roman Pavlyuchenko (Rusia), striker berpostur tinggi, tapi punya kecepatan, tekniknya bagus, dan masih muda. Sundulannya maut, dan saya prediksi bisa seperti Luca Toni.

2. Ebi Smoralek (Polandia), striker dengan kemampuan seperti Shevchenko, tendangan kedua kaki sama bagusnya, menjadi topskorer di kualifikasi Eropa 2008, sayang tidak bersinar di Piala Eropa, karena kurang dukungan dari pemain lain.

3. Ibrahim Affelay (Belanda), masih sangat muda tapi bermain bagus bersama Belanda di Piala Eropa 2008.

4. David Silva (Spanyol), lincah, cepat, dan pengumpan yang bagus, bisa bermain di sayap kanan atau kiri.

5. Marcos Senna (Spanyol), berdarah Brazil, bertenaga kuda, tackling dan passingnya bagus. Jauh lebih bagus daripada Ambrossini.

Itulah nama-nama yang saya ajukan, kepada para milanisti ditunggu komentarnya..

Tidak ada komentar: